Kamis, 02 April 2009

7 Kompetensi Profesional TI(Teknologi Informasi)

7 Kompetensi Profesional TI(Teknologi Informasi)

Selain memiliki keterampilan dan keahlian di bidang teknologi informasi (TI), seorang sarjana komputer juga harus memiliki kemampuan profesional TI. Ada beberapa kemampuan menarik yang harus dipunyai :

1. Kemampuan Menulis
Agar bisa menulis dengan baik, perlu persiapan dan latihan yang intensif. Mulailah berlatih menulis ide cerita, menggunakan kosa kata yang tepat, dan membuat alur cerita mengalir dengan terstruktur. Tata bahasa dan kosakata saja tidak cukup untuk menghasilkan karya tulis yang baik

2. Kemampuan mengutarakan ide dan berpikir kreatif
Mengutarakan ide dan berpikir kreatif juga perlu dalam mendesain solusi TI. Rsanya jarang sekali kita temui adanya solusi TI yang sama untuk perusahaan yang sejenis, apalagi kalo beda. Setiap perusahaan perlu dianggap unik bila kita bebicara TI. Hak ini merupakan tatntangan bagi prosefional TI agar memikirkan solusi yang tepat unutk kondisi perusahaan yang tepat.

3. Kemapuan presentasi
Kempuan presentasi merupakan kemampuan yang tersulit. Presenter harus berhadapan dengan orang banyak , yang mungkin jauh lebih pintar. Tantangan lain adalah bagaimana membawa suasana agar presentasi jadi menarik dan diminati orang. Kemampuan mendengar juga tidak kalah pentingnya pada saat presentasi. Seorang presenter harus mampu membaca gelagat dengan cepat, bebicara dengan bahasa yang tepat kepada orang tepat.

4. Kemampuan menggunakan komputer
Penggunaan komputer tidak hanya sebatas menggunakan aplikasi komputer saja, tapi meliputi kemampuan menyusun ide disertai sisipan dengan grafis, animasi dengan sedikit sentuhan multimedia agar membangkitkan minat dan emosi peserta. Penggunaan desain grafis dan multimedia tidak lantas menuntut presenter untuk memiliki nilai seni yang tinggi atau penguasaan komputer grafis yang canggih. Penguasaan aplikasi presentasi, semisal PowerPoint saja sudah cukup.

5. Kemampuan mengolah informasi
Pengolahan informasi berarti bagaimanamenyajikan informasi yang tepat dan terbaru kepada orang yang tepat. Referencing dan studi kasus merupakan pendukung penting argumentasi Anda.

6. Kemampuan membuat keputusan
Kemampuan membuat keputusan tidak terlepas dari bagaimana kita menyederhanakan permasalahan dan menginspirasikan orang untuk mengambil resiko. Bila kita berbicara kelebihan TI, maka resiko itu tersembunyi di dalam setiap kelebihan yang ditawarkan.

7. Kemampuan bekerja dalam tim
Di dunia nyata, rasanya tidak pernah kita temui ada solusi TI yang efektif 100% atau tidak efektif sama sekali. Untuk itu diperlukan kemampuan untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda (soft skill). Pendekatan soft skill mengajarkan kita bahwa semua orang melihat kebenaran dari sudut pandang berbeda.
Kemampuan seperti ini dapat kita latih bila kita belajar bekerja dalam tim. Didalam sutau tim sering terjadi banyak perbedaan pendapat, disini kita diajarkan bukan mencari siapa yang paling benar, tetapi bagaimana kita mengakomodasi kebenaran yang berbeda dari setiap orang dalam mencapai hasil optimal.

Tuntutan kompetensi di atas merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh profesional TI di dunia kerja. Semoga tuntutan kompertensi tersebut bermanfaat tidak hanya untuk lulusan TI saja tetapi juga profesional dibidang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Locations of visitors to this page Counter Powered by  RedCounter
ShoutMix chat widget